Friday, May 23, 2014

Para Anjing Mahal dan Gonggongan Mayuyu – Labrador Retriever PV Review + Coupling


Single musim panas alias single presousenkyo tahun ini adalah single pertama tanpa Yuuko karena dia akan graduate. Juga single pertama setelah big shuffle Daisokaku Matsuri tempo hari. Juga single pertama yang menggunakan nama jenis anjing sebagai judulnya. “Labrador Retriever”jenis anjing besar yang berbulu putihdipilih menjadi judul single ke-36 ini. Kenapa tidak ambil Siberian Husky yang lebih kece atau Golden Retriever yang lebih enak dipeluk atau Chihuahua yang menurut saya jelek banget atau Doberman si anjing pelacak atau... ah sudahlah.

#1 Labrador Retriever – Senbatsu

Single ini di-center-i oleh Mayuyu. Fans yang mikir itu bakalan Paruruada kode di versi drama Maeshika Mukaneepasti kecele. Hahaha. Dan saya lebih senang center-nya Mayu daripada Paru. Plis, jangan biarkan ponkotsu itu jadi center single lagi.

Labrador Retriever cukup bernuansa musim panas, entahlah, tapi sepertinya ada yang kurang mengesankan.” Satu kalimat tadi cukup untuk menceritakan gimana kesan saya sama lagunya.

Kenapa ada gambar bendera di huruf “B”? Mungkin karena center-nya dari tim B /ngarang/

Member yang jadi senbatsu di PV ini terlampau banyak, berebut screentime hingga ada beberapa member yang sama sekali tak nampak di PV. Kalah sama anjing-anjing mahal yang beruntung bisa nampang, apalagi si Labrador yang menyabotase kursi center Mayu.


PV diawali dengan seorang ibu rumah tangga (bule sih) yang menuangkan makanan anjing ke mangkok sejak PV dimulai dan baru berhenti di menit ke 2. Haha. Guess what... Mayu jadi model produknya!

Sementara itu Mayu sedang tidur nyaman di ranjangnya, entah lagi tidur siang, tidur sore, atau tidur malam dan belum bangun-bangun. Dia bermimpi menjadi anjing dan berpetualang. Bukan petualangan semacam Indiana Jones atau Tomb Raider, cuma jalan-jalan di sekitar pantai, bertemu dengan beberapa kawan yang awalnya mengira diri mereka manusia padahal sama-sama anjing. Kemudian melihat dirinya sendiri sedang menari di pinggir pantai.

Grup pertama yang dia temui adalah Paru, Jurina, dan Yuihan sedang menikmati hotdog. Bagus deh rambut Paru dipirang gitu, kalo hitam pendek nanti dibilangnya “Acchan banget” lagi. Terus, itu baju Jurina waktu dia kecil kayaknya, serba pendek padahal dia jangkung banget.
Ada anjing makan “anjing panas” XD

Trio HKT Sasshi-Mio-Meru sedang bermain air ketika “Mayu” datang.

Rena-Yuria-Bakaei sibuk makan es krim. Si Bakaei rakus banget es krimnya sampe bertumpuk-tumpuk gitu.

Dasu-Sayanee-Yukirin lagi maen frisbee

Three Musketeers + Naanya lagi santai di bak mobil

Trio next generation ex-team 4 lagi asik foto-foto

Nah ini nih, no3b + Milky. Takamini nasibnya sial banget, masih ingat di PV Sayonara Crawl dia dijaili member lain? Sekarang pun takdir yang sama terulang kembali. Kasian~ kasian~

Gerombolan anjing-anjing mahal yang menyerbu member

Ah, scene Jurina dan “Jurina”nya imut sekali. Tapi jadi inget iklan minuman isotonik yang kehausan terus jilat keringat temennya itu, euwww~

Mayu mendapatkan mimpi indah dan bangun dari tidurnya. Dia sudah disambut dengan manis sama anjingnya. Pengen banget deh bangun tidur disambut sama hewan gini, pasti langsung dipeluk, kalo saya. Tapi Mayu malah menyapa anjingnya dengan barkingLOL really shocking ending!

Saya beri:
Lagu 3/5
PV 4/5


#2 Kimi wa Kimagure – New Team A

Jujur, saya merindukan lagu-lagu artistik tim A yang dulu. Tapi tim A yang sekarang tidak sama dengan tim A yang dulu. Begitupun lagu-lagu coupling yang diberikan buat mereka. Dan kenyataan setelah Daisokaku Matsuri di mana Mayu balik ke tim B dan Paru dioper ke tim A, semakin nyengirlah orang-orang yang selalu menyabdakan Paru sebagai “the next Acchan”. Gimanapun saya berusaha gak peduli sama pendapat-pendapat kayak gitu, tetep aja gatel. Hish!

Meskipun begitu, Kimi wa Kimagure tetap asik di telinga. Meskipun generic, Kimi wa Kimagure tetap punya sisi yang membuat orang susah move on seperti saya suka lagunya. Meskipun menurut saya lagunya kurang mengesankan, Kimi wa Kimagure menyajikan PV yang amat mengesankan. Aduh, kenapa jadi melankolis begini...

Setelah event Draft member dan Daisokaku Matsuri, banyak wajah asing di setiap tim. Dan sepertinya saya tidak ada waktu untuk mencari tahu siapa mereka. Jadi, biarkanlah semua berjalan apa adanya. Jangan memaksakan sesuatu di luar kehendakmu. Apalagi kalau itu gak penting-penting banget. Iya.



Kalau di PV Labrador Retriever para member berubah jadi anjing-anjing mahal, maka di Kimi wa Kimagure member berubah menjadi figurin yang bikin saya berseruSUMPAH, PENGEN BANGET PUNYA YANG GINIAN DI KAMAR! Tapi figurnya Paru mau saya simpen paling belakang. Bukan benci atau gimana sih, cuma menurut saya, tidak ada alasan Paru harus di depan, apalagi di posisi tengah-depan.


Semua member mengenakan kostum dan mempunyai karakter yang berbeda-beda yang sebagian besar menunjukkan jati diri mereka.

-          Paru dengan ponkotsu-nya
-          Takamini dengan kostum yankee yang mencerminkan sikap serampangan tapi perhatian-nya, juga megaphone berlabel AKB48 yang mencerminkan posisi pemimpinnya.
-          Nyan-nyan sebagai model (kebanyakan lingerie)
-          Chori dan Bakaei yang dipasangkan sebagai gag duo. Senang sekali Chori mendapat tempat yang lumayan bagus di tim barunya. Bakaei pake seifuku terbalik, sasugaaa.
-          Nattsun dengan bikininya. Saya tidak terlalu mengenal bagaimana dia, mungkin dia model gravure atau Sato Seira-nya AKB?
-          Quartet pemusik: Sakippe dengan piano, Karen dengan gitar, Annin dengan flute, dan Nao dengan saxophone. Sakippe dan Annin terlihat makin anggun dengan instrumen itu. Nao, dibandingkan di tim K, saya rasa dia lebih cocok dengan image tim A. ...dan Kare~n, screentime-nya kok dikit banget sih.
-          Fuuchan dengan kostum kebanggaan (HA!)
-          Komari mengenakan kostum Flying Get dan menari. Eng, ini maksudnya apa ya....
-          Haachan sebagai ibu rumah tangga. Yang ini lucu.
-          Tomu dengan kimono dan kecantikannya yang sangaaat memesona. Aaa, member yang satu ini mungkin lebih cocok dengan kegarangan tim K. Tapi ternyata di A pun dia bisa sama memesonanya. Melted~

Pembagian screentime-nya bisa dibilang merata sih, ya kecuali beberapa member garis depan yang tentu saja mendapat lebih. Karen cuma beberapa scene doang... dua frame saja kalau tidak salah. Untuk role-nya Sakuratan, entahlah saya tidak tahu apa karakternya. Just normal average girl?


Sekali lagi, konsep PV-nya menarik. Memperlihatkan profil member tim A yang baru... dan yang basi.


Saya beri:
Lagu 3/5
PV 4.5/5

#3 Itoshiki Rival – New Team K

Bagaimana nasib tim K setelah ditinggalkan tiang pentingnya, Yuuko Oshima? Aki-P sampai harus memanggil pion-pion terdepan milik sister grup AKB: Jurina dari SKE, Sayanee dari NMB, dan Haruppi dari HKT. Di bawah pimpinan Yuihan, tim K kembali merangkak untuk mempertahankan eksistensi mereka. Berusaha tetap konsisten dengan apa yang telah mereka punya, tidak mengubah image asli tim K yang garang.

Lagunya bernuansa kelam dan keras, ibarat kopi pahit dengan ampas menggunung. Lagu ini seperti gabungan kegarangan Alive dan kekelaman Yuuhi Marie. Suara khas Sayanee yang kuat dan tegas untuk pertama kalinya menghiasi lagu tim K. Duh, saya jadi suka suaranya Sayanee...

PV-nya didominasi warna hitam, gelap, kumuh, dramatis, angst, kehidupan yang keras, persaingan, perseteruan. PV diawali dengan adegan seseorang memegang/bertumpu pada tiang bendera. Namun kemudian dia pergi begitu saja sehingga tiang besi tersebut jatuhlah ke tanah berdebu tiada ampun, membuat bendera usang-robeknya semakin tak mempunyai rupa. Adegan ini bisa disimbolkan sebagai Yuuko sang penegak keadilan tim K telah pergi karena graduate hingga tim K kini berada di ambang batas.


Cerita berlanjut kepada beberapa grup kecil yang berkumpul di tempat tiang bendera tersebut roboh. Sebut saja grupnya Jurina, Sayanee, Myao, Yuihan, Mako, dan draft member. Mereka berseteru menegakkan kembali tiang bendera yang telah roboh. Namun tak satupun dari mereka berhasil. Satu persatu dari mereka melunak dan menyerah, mencoba untuk membantu satu sama lain dan mengesampingkan ego diri. Saling menopang dan menyumbangkan kekuatan untuk menegakkan kembali tiang dengan bendera usang bertuliskan huruf K bersama-sama. Dengan niat yang sama, dengan kekuatan yang telah bersatu, kini mereka bisa menegakkan kembali tiang yang telah roboh tadi.

Sebuah tujuan kelompok tidak akan tercapai jika hanya sebagian anggota saja yang berusaha mengejarnya. Kekuatan dari setiap tanganlah yang diperlukan. Di bawah instruksi dari seorang pemimpin, sebuah tim akan menjadi tim yang hebat jika mereka bisa menjaga kekompakan dan persatuan, bagaimanapun karakter mereka, bagaimanapun latar belakang mereka, darimanapun mereka berasal; di bawah naungan bendera yang sama, mereka harus saling membantu, seia sekata, senasib sepenanggungan. Yuuko yang telah pergi akan tersenyum melihat bendera pusaka yang ia tinggalkan dapat terus berkibar dengan gagah disangga dengan fondasi yang kuat dan kokoh.
 


-          Grup Jurina
Sebagian besar digawangi member asal tim K plus Tanochan yang memang lebih cocok di tim K menurut saya. Jurina yang jadi pemimpin mengingatkan MajiGaku 3.

-          Grup Sayanee
Pemimpinnya berasal dari Namba, membawahi beberapa member asli juga.

-          Grup Myao

Mewakili member asli tim K dari generasi tua.

-          Grup Yuihan – Rie – Mariyagi
Sang kapten ini wajahnya damai banget, imho. Seperti tipe-tipe pemimpin yang suka berpikir keras dan berdarah dingin. Tiba-tiba inget MajiGaku (2) lagi. Itu, dandanannya Mariyagi kok mirip sama tokoh psikopat di film Black Dahlia-nya Ulli Lommel.


-          Grup Mako
Next generation. Ada member original AKB, salah satu Three Musketeers-nya tim 4 yang dimigrasikan ke tim K yang nantinya bisa saja menjadi ace tim K karena berdarah murni AKB. Dan terkadang, dalam beberapa kesempatan, wajahnya Mako ini mirip sekali dengan Yuuko dengan versi lebih kawaii sehingga masih belum cocok dengan jiwa tim K. Ada Haruppi, member terdepan dari Hakata yang harus mencopot image loli-nya Hakata dan mengubahnya menjadi image tough ‘n cool ala tim K; mungkin belum pas, loli-nya masih kental. Ada Moechin, kloning/successor Tomochin.

-          Grup Draft?

Wajah dan ekspresinya sudah cocok.

Gerakan dance-nya “pabeulit” tapi unik, terutama posisi tangannya.

Cerita yang disimbolkan di PV ini brilian. Keadaan yang digambarkan lumayan nyata dan kreatif.

Saya beri:
Lagu 4/5
PV 4.5/5

#4 B Garden – New Team B

Saudara kembar Wasshoi B dan Team B Oshi.

Yang paling saya tunggu-tunggu dari PV coupling ini adalah... kehadiran IKOMAAAAAA~
Antara senang dan bimbang dengan keputusan ini. Bimbang karena Aki-P mengotak-atik 46, status rival tinggal nama. Senang karena yang dipilih adalah Ikoma, di antara sekian banyak member 46. Ikoma adalah member 46 yang paling saya favoritkan. Ikoma yang cakep banget kalo jadi cowok. Ikoma yang pernah jadi bintang tamu Hakata Hyakkaten (sempat ditanya jika ia bisa masuk 48G, grup mana yang akan dia pilih? Saat itu dia pilih HKT sih, karena banyak loli-nya). Ikoma yang menurut saya lebih pas di tim A dan ayo pinggirkan Paru, tapi Nogizaka kan udah punya project sama Mayu sebelumnya, otomatis lebih enak kalo dia satu tim dengan Mayu.


Saya senang dengan lagu ini. Sebelas-dua belas dengan Tiny T-shirts, B Garden ini tim B banget! Bagaimana lagunya yang cute-generic-idoly begitu cocok dengan image tim B. Bagaimana PV-nya yang penuh warna dan komikal begitu cocok dengan tim B. Seperti yang sudah disebutkan tadi, B Garden ini saudara kembarnya Wasshoi B dan Team B Oshi, ada bagian di mana nama semua member disebutkan ditambah dengan lirik yang lucu berkaitan dengan kepribadian/ciri khas member. Dengan konsep cerita sederhana yang tak kalah lucu.


Diceritakan ada sebuah tim baru yang akan melakukan pengambilan gambar. Ikoma yang notabene member baru banget belum menyesuaikan jadwal hingga ia terlambat datang. Member lain resah. Yang paling keliatan gelisah sih Mayuyu. Tampang bingungnya priceless abis. 


Tapi Mayu menemukan ide cemerlang. Sang manajer yang sudah ngomel-ngomel gak karuan ia jadikan korban untuk menggantikan Ikoma. Bagaimana caranya? Mengenakan kostum Ikoma dan bertopengkan wajah Ikoma, si manajer yang kaku disuruh ikut tampil. Alhasil gerakannya beda sendiri dan itu-itu aja. Serius, ini kocak banget. 


Lalu, ada bagian di mana Mayu sang center lupa dikenalkan dan jadi yang paling terakhir disebut. Jadi ingat shuffle Tokyo Dome, ketika Mayu gak dipanggil oleh Togasaki.


Aeri Yokoshima, draft member yang terkenal dengan sebutan kloningan Jurina lumayan dapat posisi bagus di PV ini.

Asiknya nonton PV ini, saya bisa sekaligus menghafal member tim B yang baru.

Saya beri:
Lagu 4/5
PV 4/5

#5 Heart no Dasshutsu Game – New Team 4

Tim 4 yang digawangi Mii ini tidak mengalami banyak perubahan di Daisokaku Matsuri. Yang paling pentingnya mungkin membawa Mako keluar dan mengajak Yuria (yang kemudian jadi center di lagu ini), Renacchi (member old team 4) dan menggoyahkan lini depan yang asalnya milik Three Musketeers.

Lagunya generic banget. Sama generic-nya, sama membosankannya dengan Seijun Philosophy. Namun PV-nya agak berbobot, durasi paling lama pula. Cerita detektif-detektifan gitu. Mikichan sama Nana-samaaa sih udah berpengalaman ngurusin gituan. Saya sendiri gak bisa mecahin teka-tekinya karena buta huruf Jepang.
Ceritanya lagi pengambilan gambar, tapi kok ada yang pake jaket? 
Setelah selesai syuting, para member bersantai dulu di studio sementara kru udah menghilang tanpa jejak. Kemudian lampu padam sebentar, ketika menyala lagi, pintu sudah dirantai dan dipasangi gembok. Naluri detektif Nana-samaaa langsung beraksi.
 

Si tersangkapastinya salah satu member jugamemberikan teka-teki yang harus dipecahkan. Pertanyaannya seputar kegiatan yang telah mereka lakukan. Penasaran sih saya, tapi karena gak ngerti apa yang ditulis, i have nothing to do.



 Renacchi ini wajahnya makin korea-korea deh. Mungkin ada member girlband kpop yang mirip sama dia. Dan poni+rambut warnanya bikin dia makin cakep.

  
Saya beri:
Lagu 2.5/5
PV 3.5/5

Lagu coupling-nya selalu lebih menarik daripada title song.

2 comments:

  1. Pantes aja Team 4 sekarang belum bisa se-populer team-team lainnya, orang Team 4 dikasih lagu yang paling ngebosenin!
    Buat manager AKB48: sekali-sekali kasih Team 4 lagu yang asik, jangan pelit sama Team 4 (mentang-mentang sebagian membernya adalah member next generation) :)

    ReplyDelete
  2. Review Single ke-15 SKE48 dong

    ReplyDelete