Tuesday, October 18, 2011

Cerpen Kelas 3 SD

Waktu iseng-iseng bongkar buku pelajaran SD, saya nemuin ini: cerita pendek yang saya buat waktu kelas 3 SD. No editing!



BOSAN

Pada suaTu siang ada seekor ular sedang mencari makanan. ular itu bernama uli. Sudah Terlalu siang uli belum juga menemukan mangsanya. akhirnya, uli langsung Pulang dengan PeruT yang kosong. malam itu uli Terpaksa memakan daun daunan, sudah Terasa rasa daun itu, uli berpikir,"Lebih baik makan daun daunan saja. kalau makan daging Terus menerus 'kan bosan".TernyaTa memang benar sejak itu uli jadi bosan berkeliaran mencari mangsa.keesokan harinya,uli berTemu dengan Temannya ili. sedang Kelaparan karena seharian Tidak daPaT makanan. Lalu uli berkata kePada ili,"hai, kawan kau Tidak usahlah selalu makan daging.aku juga kemarin tidak menemukan mangsa.""Lalu kamu makan apa,"kata ili berTanya dengan suara lemah. "aku makan daun daunan yang segar sekali," Lalu uli mencari daun daunan dan diberikan kePada ili,"Terima kasih uli, sekarang aku Tidak begitu laPar.""wah,aku bangga sekali bisa menolong yang membutuhkan Pertolongan".

TamaT

Komentar saya, sepertinya Uli dan Ili bersaudara, bisa dilihat dari kemiripan nama mereka. Namun sebenarnya tidak.

Nah, ada satu lagi nih, saya temukan tepat di belakang cerpen tadi.


BAHAGIA HATI ILING

iling adalah nama seekor anak kancil.ia hiduP sendirian karena keluarganya Telah lama meninggalkannya.iling Terus berkelana mencari ibunya, iling menyangka ibunya sudah maTi. ada juga kabar lain,bahwa ibunya belum meninggal. seTelah lama mencari akhirnya iling berTemu dengan ibunya.iling sangat bahagia sekali berjumpa dengan ibunya,ibunya junga sangat senang.Pada suaTu malam iling bermimpi bahwa ibunya malam iTu telah Pergi unTuk mencari mangsa Padalah iling masih ingin bersama ibunya. keesokan harinya iling bangun dari Tidurnya, lalu iling melihaT ibunya yang sedang Tidur di sebelah sana. BeTaPa TerkejuTnya iling wakTu melihaT darah di TempaT ibunya Tidur. Lalu, iling menjeriT sekuaT Tenaganya, "ibu.....". "ada aPa nak" "hah, ibu belum maTi ya." Lalu, ibunya menceriTakan bahwa darah itu darah Tikus yang disangka ibunya oleh Pemburu. Bahagia di haTi iling.

TamaT


Sepertinya, si anak kancil di atas masih sepupuan sama Uli-Ili. Soalnya punya nama "Iling" XD. Saya waktu kelas 3 SD sepertinya tak bisa membedakan T dan t, atau bisa saja itu sekedar gaya-gayaan.

No comments:

Post a Comment